Senin, 22 Oktober 2012

yang Pupus..(akan) tumbuh dan tumbuh

keringnya itoh
Sedih rasanya melihat si Itoh tidak menunjukkan perubahan, daunnya mulai mengering, percabangan juga tidak tumbuh. Dari awal didapatkan memang Itoh tidak sesegar Lengkeng yang lain, tapi tak apalah, jangan menyerah, ikhtiar kudu jalan terus.
kerat batang itoh
Setelah membaca beberapa artikel soal itoh maka kemarin diputuskan untuk memangkas beberapa dahan yang mulai mengering dan memberikan keratan dibeberapa titik di batang itoh yang sebelumnya didahului dengan pemberian pupuk NPK berimbang. Diharapakan dengan dua langkah ini bisa tumbuh lagi tunas-tunas yang lebih segar.. Jika cara ini belum berhasil nantinya maka perlu pemotongan batang lengkeng. Lain itoh lain lengkeng lainnya.
Kabar agak bahagia datangnya dari lengkeng aroma durian, dimana sekarang pada ujung percabangannya telah muncul 2 tuanas baru..asyiik..mudah-mudahan bisa bertahan dan tumbuh terus, berkembang dan berbuah..
tunas baru arDur
Nasib yang sama baik juga dialami oleh new kristal yang dipucuk batangnya telah muncul bakal tunas lagi..ayo tumbuh berkembang..tak lupa NPK berimang terus diberikan
tunas baru new Kristal
Setidaknya tumbuhnya tunas di Aroma Duren dan NewKristal sedikit mengobati kesediahan sebelumnya. Tak mau kalah dari newkristal dan aroma duren, percobaanpun dilakukan pada pingpong, sebelumnya batang pingpong hanya satu dan miring ke kanan, nah pada percobaan kali ini dicoba memberikan keratan pada pangkal percabangan di bawah, diharapkan dari keratan ini nantinya akan muncul tunas-tunas baru..kan kelihatan lebih bagus hehehe.
keratan pingpong
Sedangkan si Diamond masih tenang-tenang saja..tumbuh..tumbuhlah.. Demikian semoga yang pupus dan layu berganti segar, tumbuh, berkembang, dan berbuah..amiin.

2 komentar:

  1. Sabar Lek.... Pasti nanti trubus baru yang jauh lebih segar dan subur

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap mbah... pancen belajar nandurr artine yo belajar ikhtiar dan tawakal kok

      Hapus